-->

Laporan Keuangan dan Kinerja (Performance)


Narasumber: Lili Khamiliyah (Kepala KPPN Wates)

Laporan Keuangan dan Kinerja

Alur keuangan Negara:
APBN > Peraturan Presiden > DIPA
Pemerintah memiliki 11 Funsi yang menjadi tanggungjawabnya.
Kinerja = Prestasi Kerja = Keluaran atau hasil dari kegiatan yang hendak dicapai sehubungan dengan penggunaan angaran dengan kuantitas dan kualitas terukur.
Program = penjabaran kebijakan K/L sesuai misi K/L (eselon 1)
Kegiatan = Bagian dari Program yang dilakukan oleh satu satker atau beberapa satker. (instansi vertical)
Keluaran (output) = barang atau jasa yang dihasilkan
Hasil (outcome) = segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran dari kegiatan-kegiatan dalam satu program.
Dalam UU No 15 Tahun 2004, pemeriksaan BPK meliputi tiga hal = keuangan, kinerja/pengelolaan dan tujuan tertentu.
Ada empat entitas pelaporan : Pemerintah Pusat, Daerah, Lembaga, BUN

SAPP = SAI + SA-BUN
CEO = COO + CFO
LKPP = LKKL + LK-BUN

Manfaat Laporan Keuangan
1.    Kebutuhan terhadap laporan keuangan
2.    Akuntabilitas public
3.    Transparansi
Laporan keuangan yang berkualitas:
1.    Relevan
2.    Andal
3.    Dapat dibandingkan
4.    Dapat dipahami
Tujuan LK (Laporan Keuangan):
1.    Informasi kecukupan penerimaan
2.    Informasi kesesuaian cara memperoleh sumberdaya ekonomi dan alokasinya
3.    Informasi jumlah sumberdaya ekonomi dalam entitas pelaporan
4.    Informasi bagaimana entitas pelaporan mendanai seluruh kegiatan
5.    Informasi posisi keuangan
Pengguna LK:
Masyarakat, Wakil Rakyat, Pemerintah, Instansi Terkait, Pihak Lain (Hibah).
Jenis Analisis LK
Analisis Perubahan laporan keuangan, analisis prosentase per komponen, analisis trend, analisis rasio dan analisis ketaatan terhadap peraturan. Analisis sumber dan penggunaan dana.

Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)
PP Nomor 60 Tahun 2008 : Tujuan SPIP
1.    Efektivitas
2.    Keandalan LK
3.    Pengamanan asset Negara
4.    Ketaatan terhadap peraturan yang ada
Unsur terkait SPIP
Lingkungan, Penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemamtaauan pengendalian internal.

SPIP                                                   WASKAT
Alat                                                     Proses
Statis                                                  Dinamis
8 unsur                                              5 unsur
Atasan langsung                             seluruh pegawai dalam organisasi
Berdiri sendiri                                   saling berkaitan











LihatTutupKomentar