-->

Aplikasi SPAN dan SAKTI

AGENDA
LATAR BELAKANG
Visi & Misi SPAN

Apa Itu SPAN?
Sistem Informasi yang menggabungkan beberapa fungsi, seperti Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Manajemen Kas, Akuntansi & Pelaporan dalam satu sistem aplikasi.

Aplikasi SPAN dan SAKTI
pixabay.com

Sistem Informasi Keuangan Negara yang Terintegrasi:
Mendokumentasikan setiap transaksi keuangan dan mendukung penyajian laporan keuangan dan manajerial

Didesain dengan relasi yang baik antara pemilihan software, hardware, SDM, prosedur, kontrol, dan data

Operasi terotomasi secara penuh serta bermuara pada database yang terpusat

Modul Proses Bisnis

Proses Bisnis PENGANGGARAN
Proses Bisnis
PELAKSANAAN ANGGARAN
Proses Bisnis
PELAKSANAAN ANGGARAN
Proses Bisnis
PERTANGGUNGJAWABAN

PENGANGGARAN
Terdapat 3 proses utama dalam penganggaran:
Penyusunan RKAKL
Pengesahan DIPA
Revisi anggaran

Berdasarkan PMK 32 tahun 2013 mengenai Tata Cara Revisi Anggaran TA 2013, maka mekanisme revisi adalah sbb:

Validasi DIPA
Membandingkan Appropriasi dengan ADK satker (pengesahan)
Membandingkan Data DIPA (allotment) terupdate di SPAN dengan data usulan Revisi
Data yang dibandingkan struktur COA
Kesesuaian dengan COA
Kewenangan revisi
Semua dibandingkan kecuali Lokasi, KPPN, Kewenangan

Rencana Penarikan Dana
Tidak mengikat Perbulan
Mengikat Pertahun
Perubahan dari satker
Dua digit


  • Manajemen Komitmen dan Pembayaran (Saat Ini)
  • Manajemen Komitmen dan Pembayaran (Future)

MANAJEMEN KOMITMEN

Definisi
 Komitmen atau Perikatan
Tindakan/ keputusan yang dapat mengakibatkan pengeluaran negara
Potensi timbulnya kewajiban di masa yang akan datang
Diikuti dengan ada/ tidaknya pemenuhan kondisi tertentu yang diperjanjikan/ disyaratkan
Belum menjadi kewajiban/ hutang/ liability, sampai dengan terpenuhinya kondisi tertentu yang disyaratkan/ serah terima.

MANAJEMEN PEMBAYARAN
INTERAKSI SATKER DAN KPPN

  • Proses Request for Commitment (RfC)
  • Perekaman Data Supplier dan Resume Kontrak
  • Pencadangan dana DIPA (encumbrance)
  • Proses Resume Tagihan
  • Perekaman Data Supplier (Khusus untuk Continuing Commitment)
  • Pengakuan pembebanan (accrual accounting)
  • Perencanaan Kas (Manajemen Kas)
  • Proses SPM
  • Approval SPP/Resume Tagihan
  • Proses pembayaran/ settlement
  • Proses Bisnis Manajemen Pembayaran

PENGIRIMAN RESUME TAGIHAN DAN SPM

Resume tagihan : Data SPP yang dikirim ke KPPN.
Ditentukan jatuh tempo tagihan.
Fungsi untuk :
            - Pengakuan beban
            - Perencanaan kas

Pengecekan Data Supplier, data kontrak dan Ketersediaan Dana, dll.
SPM diajukan sebelum tanggal jatuh tempo.

PENGUJIAN KETERSEDIAAN DANA DIPA
PENERAPAN JATUH TEMPO TAGIHAN

Satker (PPK) menentukan secara fleksibel tanggal jatuh tempo tagihan sesuai dengan kebutuhan (1 s/d 14 hari).
Perhitungan jatuh tempo sejak tanggal resume tagihan sampai dengan tanggal dikeluarkannya SP2D.

Fungsi : Perencanaan Kas Jangka Pendek
Penerapan Payment Term Dalam Proses Penagihan


MODUL MANAJEMEN PENERIMAAN

Data penerimaan negara yang dicatat melalui modul manajemen penerimaan SPAN berasal dari:
Data penerimaan dari Bank/Pos Persepsi (sistem MPN);
Data penerimaan yang disetor ke rekening Kas Negara pada BI (RKUN, SubRKUN, RPL, dll).
Data penerimaan yang diterima dari modul pembayaran di SPAN.

Sedangkan yang terkait Satker, penatausahaan penerimaan negara pada modul manajemen penerimaan meliputi:

Penerimaan negara melalui potongan SPM
Pengembalian pendapatan melalui SPM-KP, SPM-KC, SPM-PP, dll.
Penerimaan Satker BLU
Penerimaan pembiayaan melalui penerbitan SP3 pada KPPN Khusus Jakarta VI.


MANAJEMEN KAS
PENYEMPURNAAN DALAM SPAN


  • Akuntansi Akrual
  • Restrukturisasi BAS
  • Dua Pencatatan
  • Single Database
  • Mekanisme Rekonsiliasi
  • Mekanisme Konsolidasi

AKUNTANSI AKRUAL PADA SPAN (1)
AKUNTANSI AKRUAL PADA SPAN (2)
Sistem Akuntansi Pusat dengan Dua Ledger
Laporan Realisasi Anggaran
Laporan Saldo Anggaran Lebih
Laporan Arus Kas

Laporan Operasional
Laporan Perubahan Ekuitas
Neraca
KONSEPSI JURNAL AKRUAL
1. Jurnal Anggaran
     Transaksi Anggaran dicatat dengan single entry
            Debet = Belanja/Transfer/Pengeluaran Pembiayaan 
            Kredit = Pendapatan/Penerimaan Pembiayaan
2. Jurnal Komitmen
     Transaksi Komitmen akan dicatat berpasangan
            Debet = Belanja
            Kredit = Belanja yang Dicadangkan
3. Jurnal Realisasi
            Transaksi Realisasi akan dicatat berpasangan
            Debet =  Beban
            Kredit =  Belanja yang masih harus dibayar
           
            Debet =  Belanja
            Kredit =  Kas

Transaksi Dalam SPAN
Ilustrasi
Reporting Requirement – Accrual Report
PENCATATAN JURNAL
Periode Akuntansi

Prosedur Rekonsiliasi Eksternal (Saat ini)


DEFINISI
SAKTI  adalah sistem aplikasi Satker yang mengintegrasikan fungsi-fungsi perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan ke dalam sebuah sistem aplikasi.
Tujuan:
Integrasi database dan single entry point guna mendukung akurasi dan mengurangi duplikasi data base
Mengadopsi penerapan sistem akuntansi akrual

Basis Akuntansi CTA
Topologi Jaringan dan Infrastruktur SAKTI

Platform Aplikasi SAKTI
User Interface SAKTI
Contoh Form Perekaman Supplier Header
Contoh Form Perekaman Supplier Site
Contoh Form Perekaman Bank Site

Definisi dan Ruang Lingkup
Modul Penganggaran memuat proses Penyusunan Rencana Kerja Anggaran sampai dengan penyusunan DIPA termasuk didalamnya proses perencanaan penyerapan anggaran dan penerimaan dalam periode satu tahun anggaran.
Modul Penganggaran meliputi :
 Penyusunan Anggaran: SBK, RKAKL, KPJM, dll
 Pelaksanaan Anggaran: DIPA, POK, Perencanaan Kas


Fitur – fitur Modul Penganggaran

  • Pengelolaan usulan SBK (Standar Biaya Keluaran)
  • Pengelolaan RKAKL
  • Pengelolaan Data Pegawai (Perhitungan estimasi belanja pegawai)
  • Pengelolaan DIPA
  • Pengelolaan POK
  • Perhitungan AFP
  • Pengelolaan AFS
  • Pengelolaan data revisi transaksi (Penyimpanan History data Revisi)

Proses Bisnis SAKTI

Desain Proses High Level
Desain Proses High Level
Data Input Modul Penganggaran
ADK
            1. GPP dari aplikasi Gaji/GPP
            2. TRPNBP dari aplikasi TRPNBP
Dokumen
            1. SPRKAKL
            2. SPDIPA
Data (Internal SAKTI)
            1. Kwitansi/ bon (Modul Bendahara)
            2. Kontrak (Modul Komitmen)
            3. SPP/ Resume Tagihan (Modul Komitmen)
            4. Realisasi /SP2D (Modul Pembayaran)
            5. Data Pegawai/suplier (Modul Supplier)
            6. Realisasi Pendapatan (Modul Bendahara)

Data Output Modul Penganggaran
ADK
            1. RKAKLDIPAPOK
            2. Data Pegawai
            3. SBK
            4. AFS
Dokumen
            1. RKAKL
            2. DIPA
Report
            1. Lampiran RKA Satker
            2. AFP (Annual Financial Plan)
            3. Monitoring DIPA
            4. Laporan Alokasi Anggaran
            5. Laporan Pagu DIPA
            6. RPA (Realisasi Penyerapan Anggaran)
            7. Laporan Semula-Menjadi (untuk Revisi Anggaran)
Data
            Pagu DIPA (COA)

Fungsi – fungsi baru pada modul Penganggaran

  • Pencatatan History Kertas Kerja dan DIPA
  • Pembentukan COA pada saat transaksi DIPA
  • Perhitungan FA (Fund Available) yang dipengaruhi oleh Informasi dari Modul Bendahara, Komitmen dan Pembayaran
  • Proses Locking pagu pada saat proses revisi
  • Penerapan Role (Approver, Validator, dan Operator)
  • Penggabungan informasi RUH Pendapatan dengan rencana Penerimaan
  • Perhitungan otomatis halaman III DIPA dari POK
  • Perhitungan AFP dari POK, dan mengambil informasi langsung dari modul pembayaran, dan komitmen

Definisi dan Ruang Lingkup
Modul Komitmen adalah modul yang memuat aktivitas terkait pencatatan data perikatan/kontrak dalam rangka pelaksanaan APBN untuk mendukung pengelolaan data pagu, perencanaan kas dan referensi dalam pelaksanaan pembayaran.

Ruang Lingkup Modul Komitmen meliputi:

  • Manajemen Supplier
  • Manajemen Kontrak
  • Manajemen Supplier
  • Merupakan kegiatan mengelola data penerima pembayaran, untuk kemudian didaftarkan ke SPAN melalui KPPN.
  • Supplier adalah pihak yang menerima  pembayaran/ yang menjadi tujuan pembayaran

Tipe Supplier :

  • Satker;
  • Penyedia Barang/Jasa;
  • Pegawai;
  • BA 999;
  • Transfer Daerah;
  • Penerusan Pinjaman;
  • Lain-lain.

Manajemen Kontrak
Merupakan kegiatan mengelola data kontrak (perikatan dengan pihak ketiga), untuk kemudian didaftarkan ke SPAN melalui KPPN.
Jenis Kontrak :
Tahunan,
Multi Years (Tahun Jamak),
Release Multi Years.


Fungsi Utama
Pendaftaran Supplier
Perekaman Data Supplier (termasuk Upload Data Pegawai)
Pembuatan ADK Supplier
Upload/Rekam  NRS
Pendaftaran Kontrak
Perekaman Data Kontrak
Pembuatan ADK Kontrak
Upload/Rekam CAN
Perekaman BAST
Monitoring Kontrak

Data Supplier yang Direkam
Supplier Header (antara lain: Nama Supplier, NPWP)
Supplier Site (antara lain: alamat, kode tipe supplier, kode pos, dll)
Bank Site (antara lain: Nomor rekening, nama rekening, kode dan nama bank, mata uang, dll)
Proses Pendaftaran Supplier
Data Kontrak yang direkam
Header Kontrak (antara lain:  nomor kontrak, tanggal kontrak, uraian kontrak, identitas supplier,  dll.
Line Kontrak (antara lain: Cara penarikan, detil uang muka, dll)
Jadwal Pembayaran (antara lain:  informasi per termin, dll)
Distribusi COA (antara lain:  kombinasi COA, dll)
Proses Pendaftaran Kontrak

Definisi Bendahara
Bendahara Pengeluaran adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang untuk keperluan belanja negara dalam rangka pelaksanaan belanja APBN pada Kementerian Negara/Lembaga dan/atau Satker.

Bendahara Penerimaan adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan,  menyetorkan,  menatausahakan,  dan  mempertanggungjawabkan uang pendapatan negara dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada kantor/ satuan kerja Kementerian Negara/Lembaga.
Ruang Lingkup
Modul Bendahara merupakan bagian dari kelompok Modul Pelaksanaan Anggaran yang fungsinya adalah menitikberatkan pada proses penatausahaan penerimaan dan  pengeluaran negara di Bendahara.
Proses Bisnis mencakup :
Pengelolaan UP dan TUP
Pengelolaan dana titipan
Pengelolaan Penerimaan PNBP Fungsional
Penyusunan LPJ Bendahara Penerimaan atau Pengeluaran

Kedudukan Modul Bendahara
AKTIFITAS-AKTIFITAS YANG DAPAT DIAKOMODIR OLEH MODUL BENDAHARA PADA APLIKASI SAKTI
Aktifitas Pejabat Penandatangan SPM
Aktifitas Bendahara Pengeluaran
Aktifitas Bendahara Penerimaan
LPJ Bendahara pada aplikasi SAKTI
LPJ Bendahara yang dibuat di dalam SAKTI merupakan turunan (Subledger Account) dari akun-akun terkait bendahara yang disajikan dalam yang Laporan Keuangan Satker;
Mengikuti Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No. 47 tahun 2009 dengan penyesuaian akun SLA
 Tidak diperlukan lagi rekonsiliasi internal antara SAI dengan LPJ mengingat keduanya disusun dalam sistem yang sama;
Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara
Pos-pos sub akun didefinisikan dari beberapa akun yang terkait dengan aktifitas Bendahara antara lain :
Akun 111612 : Kas di Bendahara Pengeluaran UP
Akun 111613 : Kas di Bendahara Pengeluaran TUP
Akun 111821 : Kas Lainnya di Bendahara Pengeluaran
Akun 111711 : Kas di Bendahara Penerimaan
Akun 219961 : Utang Potongan Bendahara yang belum di setor
Akun 219962 : Utang Perwalian Bendahara yang belum disampaikan kepada pihak ketiga
Akun 219611 : Pendapatan yang ditangguhkan
Kodifikasi Akun SLA Modul Bendahara
Skema Integrasi Pembukuan Bendahara

Definisi
Modul Pembayaran adalah salah satu modul dalam Aplikasi SAKTI yang digunakan Satuan Kerja untuk memproses Resume Tagihan dan Surat Perintah Membayar (SPM) untuk diajukan ke KPPN.
Interaksi Satker dan KPPN
Proses Request for Commitment (RfC)
Perekaman Data Supplier dan Resume Kontrak
Pencadangan dana DIPA (Encumbrance)
Proses Resume Tagihan
Perekaman Data Supplier (Khusus untuk Continuing Commitment)
Pengakuan pembebanan (Accrual Accounting)
Perencanaan Kas (Manajemen Kas)
Proses SPM
Approval SPP/Resume Tagihan
Proses pembayaran/ settlement
Proses Bisnis Manajemen Pembayaran
Pengiriman Resume Tagihan dan SPM
Resume tagihan : Data SPP yang dikirim ke KPPN.
Ditentukan jatuh tempo tagihan.
Fungsi untuk :
            - Pengakuan beban
            - Perencanaan kas
Pengecekan Data Supplier, data kontrak dan Ketersediaan Dana, dll.
SPM diajukan sebelum tanggal jatuh tempo.
Penerapan Payment Terms
Fungsi : Perencanaan Kas Jangka Pendek
Satker (PPK) menentukan secara fleksibel tanggal jatuh tempo tagihan sesuai dengan kebutuhan (1 s/d 14 hari kerja).
Perhitungan jatuh tempo sejak tanggal Resume Tagihan sampai dengan tanggal penerbitan SP2D dan atau Transfer Dana.
Penerapan Payment Terms

DEFINISI
Adalah salah satu komponen Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang dikhususkan untuk menangani pengelolaan barang persediaan di tingkat satuan kerja dan satuan kerja pembantu.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup modul persediaan mencakup:
Pengelolaan persediaan di satuan kerja (induk)
Pengelolaan persediaan di satuan kerja pembantu



FUNGSI
Fungsi utamanya antara lain:

  • Migrasi data persediaan
  • Transaksi persediaan masuk
  • Transaksi persediaan keluar
  • Penghapusan
  • Opname fisik
Pelaporan

ALUR PROSES & KETERKAITAN DENGAN MODUL LAIN
FITUR TAMBAHAN
MIGRASI DATA
            memindahkan data persediaan dari aplikasi persediaan ke database modul persediaan SAKTI
BAST/KUITANSI
            keterkaitan langsung dengan modul bendahara dan modul komitmen dalam proses pembelian barang persediaan
SATKER PEMBANTU
            mengakomodir adanya peran satker pembantu dengan dukungan sistem yang antara lain transfer data persediaan maupun aktivasi persediaan
Pengelolaan persediaan
di satuan kerja pembantu

Satuan kerja (satker) pembantu merupakan sub dari satker induk
Satker pembantu yang offline dengan satker induknya harus mempunyai referensi persediaan yang sama dengan satker induknya
Satker pembantu yang offline membutuhkan mekanisme aktivasi dari satker induk untuk bisa menggunakan barang persediaannya
Satker pembantu yang offline bertugas untuk mengirimkan data transaksi persediaannya ke satker induk secara periodik
Laporan persediaan secara keseluruhan dikelola oleh satker induk


Definisi
Modul GL dan Pelaporan merupakan sub sistem dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang memuat keseluruhan proses yang terkait dengan akuntansi dan pelaporan.
Metode pencatatan akuntansi yang dipakai aplikasi berbasis akrual.
Ruang Lingkup
Sistem akuntansi yang terintegrasi dengan modul-modul lain terkait
Sistem pelaporan manajerial (statistik)
Sistem rekonsiliasi dan konsolidasi pelaporan
Fungsi
UAKPA (Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran), merupakan Satker (satuan kerja) yang berperan sebagai unit pelaporan hirarki terbawah.
UAPPA-W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah), merupakan Satker yang berperan sebagai unit pelaporan level wilayah (propinsi).
UAPPA-E1 (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Eselon 1), merupakan Satker yang berperan sebagai unit pelaporan level Eselon 1 (Direktorat Jenderal pada masing-masing kementerian/lembaga).
UAPA (Unit Akuntansi Pengguna Anggaran), merupakan Satker yang berperan sebagai unit pelaporan level Kementerian/Lembaga).
Alur Proses
Fitur tambahan 
Penjurnalan dari sub modul
Tutup Periode lebih jelas
Proses konsolidasi via LAN (SAKTI Online)
Monitoring penyelesaian rekonsiliasi dan konsolidasi
Proses rekonsiliasi dan konfirmasi

Definisi & Ruang Lingkup
Modul Administrasi adalah suatu modul yang diperuntukan bagi seorang administrator dalam mengelola data referensi, data user, user manual, dan DB SAKTI.

Modul Administrasi meliputi:
Pengelolaan Referensi seluruh modul
User Management
Dokumentasi bantuan
Backup / Restore Data (referensi / data transaksi)
Security Management.

Pengguna Modul Administrasi
Pengguna Modul Administrasi adalah:
1.  Administrator Pusat
    Posisinya berada di Kantor Pusat untuk SAKTI Online. Tugas:
Mengelola data pengguna dimana versi online ini terdapat multi user dan multi satker. 
Mengelola data referensi umum & DB Sakti Online.
2. Administrator Satker
    Posisinya berada di Unit Instansi Satker tersebut bekerja. Tugas mengelola:
Data user lokal
Data referensi lokal serta DB dimana Sakti itu terinstal.
Security
Menerapkan metode enkripsi/dekripsi
Auditrail untuk setiap data transaksi
Setiap user login akan tercatat


Pengelolaan Data Referensi

  • Mengelola Referensi modul di SAKTI
  • Referensi di modul penganggaran
  • Referensi di modul komitmen
  • Referensi di modul bendahara
  • Referensi di modul pembayaran
  • Referensi di modul persediaan
  • Referensi di modul aset
  • Referensi umum untuk banyak modul


Definisi dan Ruang Lingkup
Sistem layanan informasi SPAN  berbasis Short Message Service sebagai pendukung  dan pelengkap portal SPAN dalam menjembatani Satuan Kerja dengan SPAN.

Tiga tipe pengguna:
Administrator, sebagai pengelola server SPAN SMS
KPPN, sebagai operator lokal
Satker, sebagai pengguna layanan
Fungsi
Tracking status ADK
Pesan broadcast dari  KPPN ke satker mitra kerja
Komentar, kritik dan saran
Aktivasi, ubah dan blokir PIN Pejabat
Alur Proses
Hubungan Antar Modul

Definisi dan Ruang Lingkup
Portal SPAN adalah sistem yang akan melakukan integrasi informasi berkaitan dengan implementasi SPAN.
Portal SPAN merupakan aplikasi berbasis web yang mendukung SAKTI, dimana lalu lintas ADK ke/dari SPAN dilakukan melalui Portal SPAN.
User dapat memanfaatkan fasilitas portal ini setelah terlebih dahulu melakukan login dengan memasukkan username dan password yang sudah terdaftar.

Unggah dan Unduh ADK SAKTI
Status ADK SAKTI
Update SAKTI dan Data Referensi
Blokir PIN Pejabat
Informasi Peraturan, berita dan FAQ terkait SAKTI dan SPAN


Portal SPAN berinteraksi dengan Modul lain pada SAKTI, yaitu:

  • Modul Penganggaran
  • Modul Komitmen
  • Modul Pembayaran
  • Modul GL dan Pelaporan
  • Modul Admin
  • Modul SMS


Satker
KPPN
Kantor Pusat DJPB

Upload di Portal
Dikirim ke SPAN
Proses di SPAN
Ditolak
Proses Selesai
TERIMA KASIH


LihatTutupKomentar